Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna, apa sih maksudnya? Hhhmmmm… yang saya tau waktu pelajaran biologi Metamorfosis itu artinya suatu proses perkembangan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda. Contohnya kupu-kupu, mulai dari telur — > ulat — > kepompong — > kupu-kupu . Eh tapi lebih tepatnya metamorfosis atau evolusi ya untuk  kasus saya ini? :-)

Kalau diurutkan kira-kira begini proses metamorfosis dalam hidup saya :

Tahun 1993

Nah terbukti kan kalo saya waktu kecil imut? Masih polos belum punya dosa. Kenapa dimulai dari usia 3 tahun, karena saya gak punya foto bayi. Kayaknya jaman saya bayi belum populer tukang foto keliling jadi gak sempet dokumentasi. Foto ini diambil waktu awal masuk TK.

 

Tahun 1996

Foto ini diambil di ruang tamu waktu baru beli boneka panda. Perhatikan itu boneka lebih gede dari orangnya. Foto lama dan mulai dimakan usia, kertasnya bintik-bintik ngelupas. Kalau yang pakai toga, itu diambil waktu wisuda TK. Mukanya tetap masih polos juga.

 

Tahun 1998

Ini foto saya kelas 2 SD. Foto itu diambil saat ulang tahun sepupu.  Sepertinya disini sudah mulai eksotis karena tiap hari panas-panasan jalan kaki PP ke sekolah. Masih polos juga, belum punya dosa.

 

Tahun 2001

Ini foto waktu Khatam kitab, saya lupa kitab apa. Saya pakai jas almamaternya siapa entahlah, hanya mengikuti arahan tukang foto yang penting keren.

 

Tahun 2003

Jaman sedang booming foto box di mall, saya iseng nyoba. Begini hasilnya. Tampak masih polos juga.

 

Tahun 2005

Foto ini bisa dibilang the best picture di zamannya. Niat banget foto di studio. Saking bagusnya ini foto sampai dijadikan foto official buku kenangan SMP. Lihat mulai nampak aura garang.

 

Tahun 2007

Foto di kebun sebelah rumah. Dari foto ini udah mulai keliatan tanda-tanda karakter ‘ajaib’.

 

Tahun 2009

Ini foto perpisahan SMA, gak tau kenapa di foto itu pose bibirnya miring. Full makeup kayak  mau kondangan.

 

Tahun 2011

Foto dengan gaya super alay. Saya agak kurus di foto ini.

 

Tahun 2012

Di foto ini ceritanya saya dandan, hahaha… dandan aja masih keliatan butek.

 

Tahun 2013

Ini foto di ruang tamu. Dalam foto ini sudah terlihat wujud pasti saya dan sepertinya gak akan berubah kecuali operasi plastik. Paling yang nambah garis keriput aja.

 

Tahun 2014

abrakadabra

Foto ini diambil waktu event lampion. Cerita dalam foto ini sedang baca mantra “Abracadabra aku sulap kamu jadi lelaki setia yang tak suka main perempuan”, hahaha.. lagunya Mulan Jameela.

 

Tahun 2015

me

Inilah adalah foto bersama jagung keabadian. Jagung yang tidak akan pernah habis.

 

Tahun 2016

me2

Dari deretan toples yang tertangkap kamera maka sudah dapat dipastikan bahwa foto ini diambil waktu lebaran.

 

Tahun 2017

me4

Ini adalah penampakan terbaru. Coba temukan perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau diperhatikan terjadi penambahan volume pipi.
Itu berarti terjadi penambahan berat badan. Yeayyy.. 2017 ini sudah tembus di angka 67kg. Suatu prestasi yang cukup membanggakan :D
Mata panda juga terlihat jelas akibat seringnya begadang menunggu lilin.

Apa yang berubah dalam hidup saya selama rentang waktu tersebut? Banyak. Saat ini saya sudah menemukan apa yang menjadi tujuan dan cita-cita saya. I know what I want. Istilahnya pencarian jati diri sudah selesai, namun perbaikan diri masih masih terus berproses.

 

Begitulah kira-kira proses metamorfosis saya dari tahun 1993 sampai 2017.
Setuju disebut metamorfosis sempurna? Atau evolusi sempurna? :-)

 

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Keriput adalah garis-garis kebijaksanaan :-)